Tips Memilih Jenis Lantai yang Cocok untuk Rumah Anda

Dalam suatu rumah atau bangunan, salah satu faktor penting selain atap adalah lantai. Lantai bisa menjadi penilaian permulaan seseorang kepada kebersihan sebuah ruangan atau bangunan. Disamping itu, jenis lantai pada sebuah ruangan atau bangunan dapat menyodorkan Kenyamanan bagi seseorang. Buat Anda yang gundah menegaskan jenis lantai yang cocok untuk rumah Anda, berikut ini jenis lantai dan kiat menyeleksinya. 



Jenis lantai untuk rumah

1. Ubin, genteng merupakan salah satu jenis lantai kuno yang masih digunakan oleh sebagian penduduk terutama yang mempunyai versi rumah kuno. Ubinnya terbuat dari semen dicampur dengan pasir beton kemudian permukaan atasnya diberi aci supaya halus dan mengkilat. Warna yang menjemukan dan bobot yang relatif berat membuat lantai jenis ini tidak lagi disenangi, terlebih dengan hadirnya berbagai jenis lantai baru yang lebih bagus dan unik. 

2. Keramik, keramik yang yang dibikin dari tanah Liat dan dibakar pada suhu tinggi kemudian diolesi lapisan atasnya sehingga terlihat mengkilat dan berwarna. Lantai jenis ini sanggup menyodorkan udara yang sejuk karena mampu menahan panas dan di masyarakat Indonesia banyak yang menggunakan jenis lantai keramik karena keunggulan tersebut. 

3. Teraso, jenis lantai ini sudah dimengerti di Indonesia semenjak jaman kolonial. Awalnya teraso yang dibikin dari limbah tambang marmer yang kemudian diolah kembali menjadi bahan penutup lantai. Terrazzo mempunyai sifat yang nyaris sama dengan ubin, namun penampilannya lebih mempesona karena terdapat motif abstrak yang yang dibuat dari pecahan Batu. 

4. Marmer marmer adalah salah satu jenis marmer dari sedang ke atas yang mempunyai daya tahan yang kuat kepada beban di atasnya dan memiliki warna yang mengkilat. 

5. Granit, granit mempunyai tampilan fisik yang nyaris sama dengan marmer namun untuk sifat yang berlainan karena granit sanggup menahan beban yang lebih besar dari pada marmer, disamping itu daya Isap zat cair lebih kecil dari marmer. Dan jenis lantai ini adalah lantai kelas atas

Selain beberapa macam lantai di atas, terdapat jenis lantai unik yang lain, seperti lantai kayu, lantai laminated (serbuk gergaji) dan lantai vinyl yang yang dibikin dari bahan yang sepadan dengan pipa paralon. 

Kiat memilih jenis lantai

1. Dalam menentukan jenis lantai yang ingin dipakai sebaiknya sesuai dengan konsep rumah yang ada, misalnya rumah berkonsep natural bisa memakai lantai kayu, rumah sederhana bisa memakai lantai keramik dan model rumah mewah elegan bisa menggunakan lantai marmer tipe. 

2. Selain itu kondisi lingkungan sekitar, contohnya di kawasan yang panas bisa memakai lantai keramik yang mampu memberikan kesejukan pada ruangan. 

3. Jika perlu pikirkan juga kondisi tanah dalam memilih jenis lantai, utamanya untuk rumah yang berada pada areal tanah yang tidak stabil. 

4. Pertimbangkan juga anggaran yang Anda miliki dalam menyeleksi jenis lantai yang Anda kehendaki. 

Lebih baru Lebih lama